Monday, June 16, 2014

Persiapan awal perjalanan Ziarah ke Paris-Nevers-Loudres (PART I)

 

Untuk sebagian orang berziarah ke Lourdes  sering menjadi niat  utama tanpa memikirkan untuk singgah ke tempat ataupun negara lainnya. Seperti itulah keinginan kami bertiga.  Namun setiap kali membaca iklan perjalanan ziarah dari biro-biro perjalanan membuat kami hanya bisa menghela napas kecewa melihat biaya yang begitu mahal Bisa dimengerti karena mereka umumnya singgah dibeberapa negara, mengunjungi Basilica Santo Petrus di Vatican, gua Maria di Fatima – Portugal, dan negara tetangga lainnya.  Sementara tujuan kami hanya 3 kota yang terletak di negara Perancis.  Kalau hanya seperti ini mana ada biro perjalanan yang mau. Sampai akhirnya terlintas dipikiran kami, kenapa juga nggak pergi saja sendiri?  Maka untuk mewujudkan niat itu, sejak tiga tahun yang lalu kami mulai mencari info-info melalui google search maupun google map, sekalian sedikit demi sedikit mulai menabung. Kemajuan tehnologi membuat segala informasi menjadi mudah untuk diperoleh. Mulai dari persiapan dokumen seperti pasport dan Visa schengen sampai masalah promosi tiket penerbangan, hotel, tiket kereta api, transportasi umum seperti bus maupun metro. Untuk lebih mudahnya kami akan coba uraikan dibawah ini persiapan yang telah kami lakukan.
I. Pembuatan Pasport.

Sekarang ini Kantor Imigrasi mulai menerapkan pembuatan pasport secara online melalui situs resmi yang dapat diakses melalui internet. Untuk mencarinya, gampang saja. Kalau belum tahu webnya tinggal masuk ke google.  ketik pembuatan pasport online, pasti akan keluar info dan web dari kantor imigrasi . Atau langsung :
disitu akan banyak informasi dan kelengkapan dokumen yang diperlukan.
Saat kami mengajukan pembuatan pasport tanpa jasa travel biro demi penghematan, kami cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 255.000,-  Sementara beberapa travel biro yang sempat kami tanya mematok harga dengan kisaran Rp 450.000 sampai 600.000,-.
Butuh waktu sekitar 2,5 jam mulai dari antri pemasukan dokumen di loket one day service sampai pemotretan dan pengambilan sidik jari. Tidak ada biaya tambahan apa-apa lagi. Antrian dilakukan berdasarkan nomor urut yang keluar dari mesin otomatis (Kiosk) yang terletak di depan ruang tunggu. Jadi jangan lupa mengambil nomor antri. Dan untuk mengetahui kapan giliran kita dipanggil, dapat dilihat dari layar monitor yang terpasang diruang tunggu.
Namun beberapa bulan lalu kami mendengar dari teman yang hendak membuat pasport bahwa ada pembatasan jumlah pemohon, hanya  50 orang saja yang dilayani untuk yang datang tanpa mendaftar secara online lebih dahulu. Siapa cepat dia dapat giliran. Karena itu banyak pemohon pagi-pagi buta sudah antri.
Setelah selesai pengambilan foto dan sidik jari, kita diberi tanda terima yang akan digunakan untuk pengambilan pasport keesokan harinya. Loket pengambilan pasport dilayani setelah jam istirahat siang (sekitar pukul 14.00).
II. Pengajuan Visa Schengen.

Visa schengen dapat diajukan dikedutaan mana saja yang tergabung di negara-negara schengen. Banyak informasi bahwa pengajuan di kedutaan Belanda lebih mudah. Dan biaya yang dikeluarkan Eur 60. Dibayar dalam mata uang rupiah sesuai kurs yang berlaku hari itu. Tapi pada prinsipnya dikedutaan mana visa mau diajukan tergantung di negara mana  pesawat kita mendarat pertama kalinya (note : tidak hanya untuk transit)  atau dinegara mana kita akan tinggal lebih lama selama di Eropa.
Karena kami bertiga hanya mengunjungi 3 kota di Prancis ( Paris, Nevers, Lourdes) maka kedutaan yang kami harus pilih tentunya kedutaan Perancis.  Pengajuan visa schengen di kedutaan Perancis harus melalui agen yang ditunjuk resmi oleh pihak kedutaan yaitu : TLS contact.
Pemohon dapat langsung mengunjungi website mereka.
Disitu semua informasi lengkap dari tatacara pengajuan visa sampai dokumen yang diperlukan lengkap dan petunjuk-petunjuknya sangat jelas. Namun sebelum mengajukan visa sebaiknya terlebih dahulu menyiapkan dokumen yang diperlukan sbb :
a. Itinerary perjalanan 
Susunan jadwal perjalanan sangat penting. Tiket pesawat, tiket kereta api dan pemesanan hotel harus berdasarkan susunan jadwal perjalanan. Kesalahan tanggal atau tidak cocoknya tanggal tiket atau bookingan hotel bisa membuat visa ditolak.
Berikut contoh itinerary yang kami buat saat mengajukan visa:
-  tgl 7 May – Via Qatar Airways – berangkat dari Cengkareng airport pk. 16.55 – sore
-  tgl 8 May                                         Tiba di Paris (CDG airport) pk 07.25 pagi
                                                             Sore hari jam 16.00 dari Gare de bercy naik kereta api
                                                             menuju kota Nevers (Gare de Nevers)
                                                             Tiba di Nevers 17.55. Menginap semalam di hotel Du Verdun.
- tgl 9 May                                       -  Pukul 10.05 pagi berangkat dari Gare de Nevers kembali                                                               ke  kota Paris.
                                                            Tiba di Gare de Bercy pk 12.37. Menginap semalam di Hotel                                                               Ibis Budget Paris de Bercy
- tgl 10 May                                      - Dengan kereta malam (Intercities de nuit) berangkat dari Gare                                                             d’Austerlitz (Paris) pk 21.50 menuju kota Lourdes
- tgl 11 May                                      - Tiba di kota Lourdes (Pagi) pk 06.05.
                                                            Menginap di hotel Du Musee
- tgl 12 May                                       - Masih di Lourdes . Menginap di hotel Du Musee
- tgl 13 May                                       - Pk 22.30 - Dengan kereta api malam dari Avenue de la Gare                                                                  Lourdes kembali ke Paris
- tgl 14 May                                      - Tiba di Paris Gare d’Austerlitz pk 07.18 – pagi. Menginap                                                                 semalam di Paris ( hotel L’europe).
-tgl 15 May                                       - Via Qatar Airways – Dari CDG airport Paris  pk 22.30 kembali
                                                             ke Jakarta
- tgl 16 May                                      - Tiba di Jakarta pk. 22.05. malam.

Itinerary dibuat dalam bahasa Inggris kalau tidak paham bahasa Prancis. Nah untuk melengkapi itinerary  diatas, persiapkan semua bookingan. Untuk keperluan ini, kartu kredit, alamat email , akses internet sangat dibutuhkan.
b. Mendapatkan itinerary tiket pesawat.
Setelah itinerary perjalanan dibuat, langkah selanjutnya menghubungi Travel biro untuk mendapat itinerary tiket pesawat. Untuk mendapat bookingan ini travel biro tidak mengenakan biaya apapun. Namun ada juga yang meminta fee. Jadi akhirnya pilihan jatuh ke PT OBAJA Tour yang dengan sangat baik hati membantu kami untuk memberi itinerary tiket pesawat.
Note: jelaskan ke pihak ticketing Travel Biro bahwa bookingan tiket pesawat ini baru untuk pengajuan visa. Jadi jangan sekali-kali minta di issued. Di issued berarti tiket harus dibayar dan tidak bisa dibatalkan.
Jelaskan tgl keberangkatan, nama penumpang, kota tujuan. Jam keberangkatan. Untuk menentukan jadwal pesawat yang diinginkan sering-sering membuka website penerbangan. Sebagai informasi, setelah mengecek selama berbulan-bulan, bila tujuan negara Perancis (Paris) maka Qatar airways menawarkan harga promo murah dibanding airline lain. Namun bila negara yang dituju Amsterdam, pilihan yang murah bisa Emirate atau Etihad .
Setelah Itinerary dari travel biro diterima via email, print dikertas A4.
c. Booking akomodasi hotel.
Sangat dianjurkan untuk melakukan bookingan hotel lewat situs Booking.com
Booking.com memberi penawaran dengan harga terbaik. Tidak ada biaya tersembunyi. Harga yang tertera adalah harga yang akan kita bayar saat menginap dihotel tersebut.
Pilih harga dengan kondisi FREE CANCELLATION, supaya sewaktu-waktu bisa dibatalkan tanpa dikenakan biaya. Biasanya biaya baru dikenakan apabila dibatalkan 2 atau 3 hari sebelum kedatangan. Tapi masing-masing hotel berbeda kondisinya. Contoh Hotel Ibis Budget di kota paris memberi batas waktu pembatalan sampai tanggal kedatangan. Jadi perhatikan dengan seksama Tanggal dan Jam pembatalan supaya tidak kena biaya apabila ada rencana untuk mengganti hotel.
Memilih hotel murah dan bersih serta lokasi strategis sangat penting. Untuk memilih hotel murah perlu kita perhatikan ulasan-ulasan dari orang-orang yang pernah menginap. Ini bisa dibaca dari Trip Advisor yang sering memberi ulasan hotel – hotel diseluruh dunia. Lokasi perlu diperhatikan supaya tidak terlalu jauh dan berada di daerah aman.  Dikota Paris kami memilih Hotel Ibis Budget Porte de Bercy karena selain murah ( Eur 63 – per kamar 3 orang ) juga  tidak terlalu jauh dari pusat kota Paris dan persis di depan hotel terdapat halte Bus No. 24. yang mempermudah akses menuju tempat-tempat wisata di Paris.
Note : Booking hotel perlu dengan jaminan kartu kredit, tanpa jaminan kartu kredit kedutaan tidak mau. menerima permohonan visa kita. Sebaiknya pemilik kartu kredit juga ikut serta dalam perjalanan. Bila kartu kredit bukan milik sendiri jelaskan bahwa sudah mendapat ijin dari pemilik. Dan saat memilih cara pembayaran hotel. Pilih Cash, untuk menghindari kerugian kurs, Pengalaman kami, kalau saat check in langsung membayar cash biaya hotel selama menginap maka kartu kredit tidak dipertanyakan atau di cek.
Bila sudah mendapat reservasi hotel dari booking.com. Print di atas kertas A4
c. Asuransi perjalanan.
Ini juga syarat mutlak. Tanpa polis asuransi perjalanan permohonan visa bakal langsung ditolak. Untuk itu kita perlu membeli polis perjalanan lewat agen yang resmi di akui oleh kedutaan seperti AXA, ACA dan beberapa agen lainnya yang tercantum di website tlscontact.
Beli sesuai lama perjalanan. Mulai dari tanggal keberangkatan sampai tanggal kembali. Minimal pertanggungan untuk negara schengen sebesar Eur 30,000.00.
Saat kami membeli lewat ACA Insurance untuk perjalanan 10 hari dengan pertanggungan USD 50,000 , biaya polis yang dikenakan sekitar USD 28.
d. Referensi Bank.
Tidak ada syarat minimal menyangkut saldo di rekening bank, tapi harus masuk akal. Paling tidak untuk 10 hari perjalanan, saldo 25 juta – 30 juta sudah cukup (memadai untuk biaya tiket pp, hotel, makan selama perjalanan). Jadi atur rekening bank 4 bulan sebelum pengajuan  visa supaya saldo tidak tiba-tiba melonjak dihari-hari mendekati permohonan visa. Referensi yang diminta rekening tabungan untuk 3 bulan terakhir. Minta pada bank referensi dan mutasi 3 bulan terakhir dengan cap bank. Bank sudah biasa melayani permintaan ini. Untuk satu rekening dikenakan biaya referensi sebesar Rp 50.000,-
e. Surat keterangan kerja.
Buat yang masih bekerja, surat keterangan ini bisa menjadi nilai plus karena ada jaminan bakal kembali ke Indonesia dan tidak akan mencari pekerjaan dinegara tujuan. Buat yang tidak bekerja tidak perlu.
Contoh surat keterangan kerja bisa di lihat dari contoh-contoh yang bisa dicari lewat google.
f. Pasport dengan masa berlaku 6 bulan terhitung tanggal keberangkatan. Mau aman 8 bulan lebih baik.
g. Kartu Keluarga .
h. Pasfoto Masing-masing kedutaan mempunyai ukuran dan latar belakang warna berbeda. Cek syarat dan ketentuan pasfoto sesuai kedutaan yang dipilih.
Melalui tlscontact.com kita mulai mengisi aplikasi permohonan visa schengen. Setelah Aplikasi diterima, print di kertas A4. Jadwal kapan kita mau datang untuk wawancara bisa pemohon sendiri yang menentukan. Dan print di kertas A4 janji temu dengan pihak tlscontact
Apabila belum pernah melakukan biometrik data, maka pemohon visa harus hadir saat wawancara dan tidak bisa diwakili. Biometrik data berupa pengambilan foto yang akan dicantumkan pada visa bila disetujui dan pengambilan sidik jari. Biometrik data bisa disimpan selama 5 tahun. Sewaktu-waktu hendak mengajukan visa Schengen tidak perlu lagi dilakukan biometrik.
Jangan kawatir soal wawancara. Mereka hanya menanyakan tujuan ke sana untuk apa?   berapa lama dan selebihnya hanya mengecek kelengkapan dokumen.
Pemohon harus mendaftar di akun tlscontact supaya dapat melakukan pengisian data sampai mengecek proses aplikasi sampai visa disetujui atau ditolak. Sebaiknya 3 bulan sebelum keberangkatan sudah mulai mengajukan supaya kita juga bisa mencari tiket tiket promo.
Pengalaman kami,  permohonan visa schengen diproses dan disetujui dalam waktu 3 hari kerja, karena mereka tahu kalau kami tujuannya untuk berziarah ke Lourdes.
Bila proses penyediaan dokumen selesai dan visa schengen disetujui, maka waktunya berburu tiket pesawat dan tiket kereta api.

III. Pembelian tiket pesawat dan kereta api.
Qatar airwys menawarkan tiket promo di bulan Februari. Demi mendapat harga murah, meski kami baru berangkat tgl 7 May’14, tapi tiket pesawat sudah kami beli di akhir Feb’14. Alhasil tiket pp. Jakarta – Paris –Jakarta dibeli dengan harga USD 871 per orang. Harga termurah selama hunting berbulan – bulan. Dan dibeli lewat travel biro PT OBAJA Tour.
Note : Hati-hati buat yang terbang  tengah malam. Perhatikan tanggal dan jam penerbangan. Lewat pk 24.00 berarti sudah ganti tanggal.
Begitu juga tiket kereta api eurail. Di Jakarta eural punya 2 cabang yaitu di Kemang dan di Istana Harmoni. Kalau kita ketik di google eural Jakarta, akan keluar website mereka.
Dan kita bisa mengecek harga dan jadwal kereta yang kita inginkan. Untuk menghemat biaya hotel maka kami memilih kereta api malam saat ke lourdes. Kalau pembaca mau berspekulasi mendapat tiket murah. Beli 90 hari sebelum berangkat maka bisa mendapat return tiket Paris (Gare d’Austerlitz)  lourdes- Paris  dengan harga hanya Eur 20 sampai 36 sekali jalan, reclining seat, kelas dua.  Sementara kalau sudah semakin dekat tanggal keberangkatan harga bisa mencapai Eur 90. Sekali jalan.
Begitu juga return tiket Paris  (Gare de Bercy) – Nevers - Paris, bisa dengan harga Eur 13  - 20 sekali jalan.
Eurail Jakarta mengambil fee sebesar Eur 5 untuk setiap tiket yang di issued.  Untuk tiket promo murah.  tidak bisa di refund bila tidak dipakai atau terlambat tidak bisa diganti. Ingat untuk mendapatkan tiket promo waktu yang diberikan hanya sekitar 20 menit untuk segera melakukan pembayaran. Bila melalui internet dirumah maka sebaiknya gunakan internet banking atau klik BCA. Atau datang langsung ke kantor eural dengan membawa uang cash.
Setelah semua tiket selesai dibeli, dan hotel yang sudah dibooking tidak ada rencana untuk diganti maka tinggal menunggu tanggal keberangkatan.  Namanya juga mau ziarah bukan sekedar jalan-jalan. Maka banyak doa perlu untuk persiapan batin, mohon supaya perjalanan ziarah diberi kelancaran, perlindungan dan bimbingan.  Seminngu sebelum keberangkatan saya mulai mencari info jadwal acara di Basilique Du Sacre Coeur De Montmartre lewat website mereka (www.sacre-coeur-montmartre.fr) dan tertarik untuk mengetahui  lebih lanjut info seputar La Nuit D’Adoration. Wah benar-benar beruntung. Ternyata basilica terbuka untuk umum buat siapa saja yang tertarik ikut ambil bagian  Adorasi Sakramen Maha Kudus tengah malam. Diadakan setelah basilika tertutup untuk umum. Jadi harus menginap di guest house yang terhubung dengan basilika. Buru-buru kami mendaftar lewat email mereka dan begitu mendapat jawaban keesokan harinya, langsung kami batalkan hotel L’Europe tempat kami menginap dihari terakhir di kota Paris.  Inilah pentingnya mengambil kondisi Free Cancellation, tidak ada biaya buat membatalkan bookingan hotel.
Postingan perjalanan Ziarah Paris-Nevers-Loudres ini dibagi beberapa posting ya...postingan berikut akan dilanjut lagi nanti...
sisca


4 comments:

  1. rental travel wifi ke luar negeri dari treepmore global. harga mulai dari 60 ribu dan menjangkau 112 negara mau? yuuk pesan sekarang

    ReplyDelete
  2. TERIMA JASA TOUR GUIDE PARIS

    Cocok untuk yang ingin menghemat waktu & tidak tahu kota paris

    KEUNTUNGAN :
    1. Menghemat waktu dari pada harus mencari lokasi/ takut nyasara
    2. Biaya terjangkau/ bias nego
    3. Waktu fleksibel ( hubungin terlebih dahulu )
    4. Tour guide bisa berbicara Bahasa Indonesia dan Prancis
    5. Free antar jemput ke bandara CDG Paris

    Syarat & ketentuan :
    • Transport di tanggung masing2 peserta ( mobil ataupun transport umum )
    • Makan Tour guide di Tanggung peserta

    CP:
    WA : +33771174763
    Email : gratiaatanka@ymail.com

    ReplyDelete
  3. Lengkap sekali informasinya, sangat membantu. Saya juga ingin ke Lourdes Juli nanti.
    Terima kasih banyak Sisca.GBU

    ReplyDelete
  4. Novel Lourdes karangan Emile Zola sangat menarik, mempertimbangkan reputasinya sebagai pendiri pergerakan kesusasteraan baru ‘Le Naturisme’, kembali kepada alam, sebuah bentuk realisme yang ekstrim yang menerangkan segala sesuatu berdasarkan gejala alamiah dan menyangkal segala suatu yang supranatural atau dicampurtangani ilahi.

    Saya mencoba menulis blog tentang dia, semoga anda suka: http://stenote-berkata.blogspot.com/2020/02/wawancara-dengan-emile.html

    ReplyDelete